Ayam bakar resep orang tua

Ayam bakar merupakan salah satu menu makanan yang paling diminati khususnya kita orang Indonesia. Tak heran menu yang satu ini dapat kita jumpai disemua kota, namun khususnya di Kota Balikpapan, ada satu warung yang mengkhususkan menunya pada menu seputar ayam. Nama warungnya Ayam Bakar Alhamd, yang berlokasi di Jl. Marshma R. Iswahyudi kawasan Gn. bakaran.

Suatu malam tak sengaja saya lewat dan melihat warung ini dengan desain menarik serta promo yang ditonjolkan "makan ayam bakar mulai 13rb". Karena penasaran, akhirnya saya pun mutar balik untuk mencoba makan ditempat ini. Setelah memilih tempat duduk, saya dipersilahkan memilih menu yang ada. Tanpa banyak basa-basi saya langsung menanyakan "yang ada apa aja". Seketika itu juga si pramuniaga langsung menyodorkan daftar menu yang ada dan semua ready.

suasana ayam bakar alhamd
Menu utama di tempat ini adalah seputar ayam seperti ayam bakar ,ayam bumbu, ayam kremes selain itu ada juga menu ikan seperti ikan nila atau ikan lele. Di tempat ini juga menyediakan paket makan minum, mulai 18.000, namun yang kupilih adalah menu paket 22.000 contain ayam bumbu, nasi, lalapan ada tahu, sambel, kol, ditambah minum es teh atau panas. Sambil menunggu disediakan saya pun mengisi waktu dengan mengambil gambar suasana warungnya, sambil menulis. Dari segi dekorasi menurut saya cukup menarik. Desain dinding sudah dilapisi dengan wallpaper dengan gambar yang menarik, serta pencahayaan lampu kuning yang cukup membuat makan lebih semangat dan menumbuhkan rasa tenang dan nyaman. Penataan meja pun cukup baik dengan menempatkan meja bangku kayu yang dapat dipenuhi empat orang setiap mejanya dengan spasi untuk lalu lalang. Meski berukuran sekitar 8m x 10 meter namun ketika diserbu 15 - 20 orang, saya rasa tempatnya sudah cukup penuh dan sesak karena memang tempat makan ini termasuk ramai pengunjung.

Tanpa terasa, hidangan saya pun datang dan akhirnya foto-foto lagi dan lanjut makan dengan lahap. Untuk bumbu ayamnya enak meresap kedalam dagingnya, sementara sambal nya manis pedas, khusus untuk penyuka ektra pedas wajib memberitahu ke pramuniaga untuk cabe rawitnya ditambah karena sambal disini racikannya enak tapi tidak begitu pedas. Untuk lalapan standar seperti lalapan lain, sementara menurut saya yang menentukan sajian ini enak adalah terletak pada bumbu ayam serta sambalnya. So kasih nilai A lahh, hehehee. Sebagai makanan penutup saya memesan puding susu, rasa puding coklatnya nikmat dipadukan dengan siraman puding rasa susu.

Dari segi harga menurut saya termasuk standar untuk ukuran Kota Balikpapan, karena harga makan ditempat mulai 18rb dan untuk dibungkus mulai 13rb. Oh iyya , sekedar info kalo yang harga 13rb itu ayamnya lebih kecil dan nasi hanya seporsi, namun untuk yang 18rb ayamnya besar dan nasi bisa sepuasnya. Kalau penasaran langsung saja ke tkp. Alamatnya di daerah Gunung bakaran seberang pondokan An Nida. Jika dari Bandara Sepinggan, ambil arah menuju kota, sekitar 1 km posisinya sebelah kiri. Berikut Foto-foto yang sempat saya rekam.




Comments