Gurihnya Amplang Kalimantan yang menasional

Dear sahabat, sebagai anak Kalimantan rasanya tidak afdol jika saya tidak banyak menceritakan tentang pulau yang terbesar di tanah air ini, tentunya banyak hal yang bisa saya ceritakan mulai dari hutan, tambang batu bara, suku hingga makanan tentunya.

amplang khas balikpapan
Nah bicara soal makanan, ada satu cemilan tradisional Kalimantan yang sudah menasional loh. Namanya "amplang", atau mungkin kalo sahabat di luar lebih mengenal dengan istilah kuku macan. Tahu gak kenapa sampai disebut kuku macan? Ya kalo dipikir-pikir kan ngeri...masa orang Kalimantan suka makan kuku macan, apa karena mereka udah terbiasa tinggal dihutan kali ya, makanya hewan buas pun bisa jadi makanannya heheeee..trus apa gak punah tuh macan nya hanya buat cabutin kuku nya.wkwkw....iyaa..pertanyaan pertanyaan lucu tersebut sering terlontar dari kawan-kawan yang berkunjung ke kota kami. Makanya perlu nih saya jelaskan alasannya kenapa sampai disebut kuku macan. 

Jadi gini, amplang merupakan cemilan yang gurih dan renyah dengan rasa ikan yang sangat kental, mirip kerupuk tapi bukan kerupuk, karena ia tidak dijemur dan lalu digoreng seperti kerupuk pada umumnya. Amplang sendiri dibuat seperti adonan empek-empek namun dibuat kering seperti kerupuk. Kalo empek-empek dimakan kenyal kenyal sambil disiram kuah manis pedas, amplang bisa langsung dimakan dan tentunya lebih awet karena bisa di packing kering. Lantas kok disebut kuku macan? Iya karena dari sekian banyak bentuk cetakan yang dibuat, ada satu bentuk cetakan yang melengkung mirip kuku macan dan ternyata bentuk cetakan kuku macan lah yang paling banyak disukai orang dan menjadikannya dikenal di seluruh Nusantara. Akhirnya "kuku macan" menjadi istilah yang mudah di ingat, selain unik juga membuat siapa saja jadi penasaran?..nah sahabat semua udah ngerti kan, jadi jangan kaget ya kalo ngeliat macan beneran hehe..

Amplang sendiri dapat dibuat dengan berbagai macam bahan utama, misalnya ikan tengiri, ikan pipih(ikan khas sungai kalimantan), kepiting ataupun rumput laut. Tergantung chef nya bagaimana meracik sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat. Nah kebetulan sekali saya pun membuka toko online makanan khas Kalimantan ini. Awalnya sih coba-coba, namun ternyata pas dijalanin, banyak yang order dan menjadi langganan..akhirnya saya mulai tertarik dan serius menjalani bisnis ini..:)

Pendapat mereka tentang amplang

tirto mahasiswa 22 thn
Selama menjadi penjual amplang ini, saya banyak nanya ke orang-orang baik itu customer maupun orang kalimantan yang membawa tamunya ke balikpapan. Sebut saja salah satunya Mas Tirto, ia adalah mahasiswa Unmul Samarinda, "Amplang adalah makanan khas kalimantan, dan tidak sama dengan krupuk yang dijual banyak di pasaran, karena rasa ikannya enak dan gurih, kalo ada tamu saya dari luar kota akan saya rekomendasikan bawa amplang sebagai oleh-olehnya", ungkap Tirto.

Selain itu ada juga komentar dari customer-customer saya diberbagai daerah di Indonesia, mereka satu kata senada yaitu sama-sama menyukai amplang dan merasa puas setelah belanja di toko saya.



Alasan kenapa Bontings adalah produk yang paling direkomendasikan buat oleh-oleh Balikpapan


  1. Tanpa pengawet, 
  2. Tanpa pewarna,
  3. Tanpa pemanis buatan,
  4. Halal MUI
  5. PIRT dinkes
  6. Packaging menarik (tidak malu-maluin), full color, kuat saat ditenteng
  7. Harga bersaing
  8. Produk-produknya unik dan khas beda dengan yang lain,
  9. Cita rasa yang kuat, misal amplang ikannya terasa, atau abon kepiting yang kuat rasa daging kepitingnya
  10. Mudah didapatkan, karena selain di toko oleh-oleh yang tersebar, juga bisa ditemui di Hypermart, Carrefour, Farmers Market bahkan sampai ke Indomaret
  11. Ready untuk belanja via market place, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada (silahkan search "Syirhanna Craft" dijamin fast respon, ready stok, dan fast delivery tentunya heheee, kok jadi kayak promosi ...)

Lokasi Oleh-oleh Di Balikpapan

Dear sahabat, kalo anda berkunjung ke kota Balikpapan ada beberapa lokasi yang familiar untuk beli oleh-oleh seperti amplang khas kalimantan berikut tempat yang aku share buat sahabat semua:

1. Pasar Inpres Kebun Sayur


Dipasar ini sahabat dapat menjumpai ratusan lapak yang menjual produk aksesoris dan makanan khas kalimantan, disini pusat perbelanjaan batu permata, kain sasirangan, gelang, aksesoris dayak, amplang dll. Tempat ini sudah sangat terkenal di Balikpapan, jadi kepada siapa pun anda dapat bertanya arah menuju tempat ini. Saat belanja disini hati-hati ya sahabat, karena harga bisa ditawar, atau mungkin saat beli batuan bisa salah beli kalo tidak pintar-pintar, jadi saran saya cari teman ya yang berpengalaman kalo mau beli batu hehee.

2. Area Nusantara 

Sebenarnya area nusantara ini berlokasi di jalan Ahmad Yani, namun orang balikpapan lebih mengenal istilah Nusantara. Di area ini merupakan area yang menjadi tempat berkumpulnya toko-toko amplang yang sudah ada sejak dulu. Kebanyakan dari mereka memproduksi sendiri amplang-amplangnya. Sekedar bocoran disini juga harga bisa ditawar, jadi pintar-pintar lah menawar atau biasanya akan diberikan bonus barang. hehee..sekedar informasi daerah ini cukup dekat dengan pusat kota yaitu Plaza Balikpapan, naik angkot pun hanya sekali, pilih angkot warna kuning ya atau naik grab atau ojek dari Plaza Balikpapan 5 ribu sampai 15 ribu tergantung angkutan yang sahabat pilih, hehe. 

3. Area Stal Kuda

Area stal kuda ini cukup terkenal mengalahkan nama jalannya sendiri yaitu Jl. Jend. Sudirman, jadi jika sahabat mau kesini bilang saja mau ke stal kuda. Stal kuda cukup reccomended untuk sahabat datangin karena sekali berlayar dua tiga pulau dapat terlampaui, itu kata pepatah ya hehe, namun maksud saya adalah tempat ini sangat dekat dengan BSB yang menjadi pusat rekreasi, hotel dan bisnis, sedangkan diseberang BSB ini tersebar banyak toko oleh-oleh yang salah satunya adalah produk yang saya jual, yaitu Bontings. Jadi kalo sahabat mau beli langsung Bontingsnya, sahabat dapat menjumpai outlet resminya di seberang BSB (langsung cari papan reklame yang bertuliskan BONTINGS). Sekedar informasi kalo dari stal kuda, sahabat menuju bandara Sepinggan tinggal lurus saja, sekitar 15 menit perjalanan, bisa naik ojek, taksi, atapun angkot 5 ribu rupiah.

Baiklah sahabat, demikian dulu informasi kuliner dan lokasinya di Balikpapan, semoga bermanfaat ya. Tinggalin komen dong dibawah...please hehee. 

Comments

  1. Replies
    1. Ayook kunjungi aku aja, nanti tak kasih amplang kakak..hehee

      Delete
    2. Saya juga mau dong amplang-nya...

      Delete
    3. Ayo kesini adi pradana, biar bisa makan amplang juga heheee...

      Delete
  2. Wah ternyata berjualan amplang, semoga lancar ya.
    Tuh Mas Tirto kirain dari tirto.id :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak moga sukses jg ya endorse nya kakak...

      Hehee...bukan kakak..tirto.id kayaknya lebih dewasa kak orangnya...heheee

      Delete
  3. Pernah tinggal di Kalimantan dan Amplang wajib ada di toples menemani saya memeriksa ujian anak-anak mahasiswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah pernah ngerasain pasti suka, hehee...jadi sekarang ngajar dimana kak rahmah nya?

      Delete

Post a Comment