Menulis itu Nikmat

Menulis merupakan kegiatan yang simple namun terkadang sebagian orang sulit untuk melakukannya. Saya masih ingat kegiatan menulis ini merupakan kegiatan yang paling rutin dikerjakan saat sekolah dan kuliah, namun seiring bertambahnya usia kita pun mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan sehingga intensitas menulis menjadi kurang. Akhirnya tercipta kemalasan yang terjadi secara alami. Setidaknya hal ini berlaku pada diri saya. Dulu disaat masih semangat-semangatnya banyak hasil karya tulisan yang bisa kubuat, mulai dari puisi, cerpen, hingga reportase pun dapat kubuat dalam hitungan menit, namun entah kenapa diusia sekarang ini hal ini menjadi sulit.

paling kiri Aniberta, paling kanan Princessrhie
Dear sahabat, pada 19 mei 2018, saya sangat terinspirasi dari dua orang yang menjadi pembicara di acara "create opportunities from blogging" yang diselenggarakan oleh komunitas ISB di lantai 4 gedung Indosat Ooredoo Balikpapan. Betapa tidak, saya yang kebetulan berada pada kejumudan yang tak terhingga mendapatkan influence positive untuk kembali aktif di kegiatan blogging. ISB sendiri merupakan singkatan dari Indonesia Social Blogpreneur yang memang aktif dalam mewarnai tulisan yang ada di dunia maya. Komunitas ini beranggotakan para blogger yang ada di Indonesia.

Dalam menulis berikut ini saya share point singkat dari pemateri yang menjadi motivasi bagi saya dan bahkan mungkin juga untuk sahabat semua:

1. PrincessRhie adalah salah satu blogger yang sukses menjadi blogpreneur, dia masih muda, namun sudah punya usaha dan bahkan masih tetap bekerja. Saya pun berfikir dalam hati, kalo dia bisa sukses dengan menggabungkan usaha dan kerja, kenapa saya tidak bisa. Saya pun bekerja , punya usaha sampingan seperti princessrhie maka saya pun harus bisa menulis meski tidak setiap hari namun yang penting konsisten dan rutin. Saya sempat menanyakan kepadanya bagaimana cara membagi antara kerja, usaha dan menulis. Ia memberi saran bahwa kita tidak boleh menunda-nunda suatu pekerjaan, kita bisa memanfaatkan segala benda yang ada disekeliling menjadi fasilitas untuk melancarkan segala aktifitas tersebut. Selain itu membuat tulisan yang sesuai dengan hobbi akan membuat segala perjuangan tersebut terasa ringan dan menyenangkan. Sahabat sekalian jika ingin lebih menggali tips-tips agar sukses seperti princessrhie anda bisa mengunjungi blog pribadinya di www.princessrhie.com . Orangnya baik dan tidak sombong.

2. AniBerta adalah seorang blogger yang sangat berpengalaman melanglangbuana di dunia blogging, bahkan penghasilannya yang tidak sedikit itu hanya didapatkan melalui blogging. Yang saya salut darinya adalah ia seorang single parent yang harus menghidupi keluarganya sendiri namun ia bisa membuktikan kepada dunia bahwa Tuhan itu tidak tidur, setiap keikhlasan yang dilakukan sekecil apapun selama dilakukan dengan tulus, niscaya suatu saat akan mendapatkan balasan yang jauh lebih indah. Hal ini memotivasi saya dan mungkin juga sahabat semua untuk tulus dan ikhlas saja menulis, kita tidak perlu mewajibkan harus ada timbal balik atas semua tulisan atau informasi bermanfaat yang kita share karena segala kelelahan tersebut akan ada imbalan yang sesuai dari Tuhan. Banyak kisah inspiratif yang diceritakan oleh Aniberta misalnya ketika teman komunitas menulis content untuk sebuah panti asuhan yang cukup membutuhkan dana ternyata akhirnya melalui informasi yang dibagi via blog tersebut, kini panti asuhan tersebut sudah bisa mendapatkan bantuan yang sangat mereka butuhkan dari banyak lembaga. Begitupun cerita tentang keikhlasan dalam menulis yang  konsisten ia lakoni selama bertahun-tahun akhirnya mengantarkannya mendapatkan job dari salah satu lembaga internasional dengan nilai kontrak yang sungguh fantastis yang mana akhirnya dapat membuat ia bisa melunasi rumahnya, menyelesaikan sekolah anak dan lainnya. Aku pun berfikir dalam hati, lantas kalau begitu mumpung hari ini masih bulan puasa, keikhlasan ini harus aku latih. Aku berniat meski nantinya tidak ada yang membaca tulisan-tulisan ini, saya sudah merasa bersyukur, puas dan senang dengan hanya menuangkan isi fikiran dalam tulisan, karena bagi saya menulis itu nikmat, sekecil apapun informasi itu pasti akan ada yang membutuhkannya. Disitulah letak nikmatnya menulis karena bisa berbagi ilmu dan informasi dengan orang lain. Hal ini sejalan dengan misi hidup saya yang bercita-cita menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain, semoga melalui blog ini dapat terwujudkan. Aniberta yang aliran tulisannya kebanyakan content writing ini dapat sahabat lihat lebih jauh di www.aniberta.com

suasana saat acara "create opportunities from blogging"
Nah, mulai saat ini saya ingin menjadikan tulisan sebagai teman dan sebagai media untuk berbagi apapun itu untuk manfaat orang banyak. Untuk itulah saya membuat blog baru ini yang mana sebelumnya saya sudah buat beberapa blog namun statusnya "mati suri". Semoga dengan blog baru ini saya akan lebih konsisten dalam memberikan informasi apa saja yang berguna untuk semuanya.
Semoga sahabat sekalian mendapatkan pengaruh positif dalam tulisan ini terutama membangkitkan semangat menulis dikalangan muda. Karena menurut saya, orang muda yang suka menulis adalah orang yang berbakat dan terpelajar yang nantinya akan menjadi gambaran masa depan cerah di tanah air. Kebiasaan menulis ini juga bisa menjadi sebuah aktifitas yang bisa mengalihkan kita dari fikiran negatif.

Comments

  1. Iya setuju karena dari menulis kita juga jadi banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak mari kita sama sama menulis dan terus menulis karena tulisan lah yang meninggalkan jejak sejarah heheeee....

      Delete
  2. Semangat untuk selalu menulis mas. Sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak...saya juga belajar semangatnya dari kakak...

      Delete
  3. Blog yang mati suri nggak bisa dihidupin lagi kah mas? Kalau masih bisa pengen berkunjung juga rasanya kesana. Tapi kalau memang nggak bisa ya bagus aja untuk blog yang ini. Congrats atas ruang yang baru dan selamat berkarya bermanfaat untuk orang lain melalui blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ruang baru akan membawa energi baru untuk tetap menulis...saya perlu belajar banyak nih dari mas Anjar yang sudah sangat berpengalaman yang tulisannya udah enak banget

      Delete
  4. kiranya saya juga menginginkan hal yang sama, menjadi seorang blogpreneur, tapi bedanya saya ingin berhenti bekerja, hahaa...

    fokus mengelola blog dan menikmati hasil investasi saya. Oh iya salam kenal, blog sy sendiri membahas finansial dan investasi.

    Mau resign tp masih belum yakin karena hasil blog dan investasi tidak sebesar gaji saya saat ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajah..mantap mas blognya saya melihat cocok sekali untuk referensi wawasan finansial dan investasi..namun kalo demikian kondisinya kalo bisa tetap jalankan keduanya mas..jadi hasilnya dua..hehee...salam kenal ya...semoga blognya tambah kenceng...heheee

      Delete
  5. Nulis itu bikin tangan pegel tapi perasaan jadi plong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Laras..rasa plong nya itu bikin nulis terasa menyenangkan bukan hehe...

      Delete
  6. Denga menulis, emak-emak seperti saya jadi mudah ingat.
    Ingat kalau harga skincare yg dulu beda serebu dua rebu perak, ingat dulu pernah jalan-jalan kemana aja ketemu ama siapa aja dan ingat pernah ditinggalkan oleh si dia. Eh, gak nyambung ini mah.

    Intinya, selamat melanjutkan perjuangan menulisnya mas, ini aja udah bagus lho menurut saya apalagi klo berkembang ya.


    Salam,
    Lidha Maul
    www(dot)elemde(web)id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh gt...jadi tahu kalo mbak pernah ditinggalkan si dia..wkwkkwk...

      Delete
  7. Percayalah banyak hal yang jadi peluang berangkat dari menulis :)
    Terima kasih sudah hadir di acara ini ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga telah berbagi semangat dan inspirasi mbak ani Berta semoga terus bersinar ....

      Delete
  8. Wah, tulisannya dibikin dua ya, keren.

    Kalau mau tanya-tanya tentang blog silahkan ya Mas.

    Oh iya, itu bisa cepat-cepat diklaim domainnya, jadi bisa branding pakai 'www.syirhanna.com' misalnya ^^. Keren kan!

    Biayanya berkisar 150ribuan pertahun, biasanya.





    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang berbayar tersebut kelebihannya apa mbak dibanding yang gratisan..?

      Delete

Post a Comment