Soft Skill dalam mengelola SDM

Soft skill merupakan kemampuan personal yang bisa dibangun untuk menjadi pribadi pemimpin, berikut rangkuman nya:

*Beberapa poin yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pemimpin:

- Empati : kemampuan untuk memposisikan diri dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, talk less do more, i know exactly what you feel
- Negotiation: kemampuan mencari titik temu antara beberapa kepentingan untuk mendapatkan solusi yang menguntungkan semua pihak
  1. Pahami kondisi client,
  2. Pahami kemampuan kita
  3. Cari titik Temu secara persuasif
- Public speaking: kemampuan menyampaikan sesuatu agar dapat dimengerti dan dipahami orang lain
  1. Kemampuan merangkai cerita
  2. Kontrol emosi yang baik
  3. Kemampuan berargumentasi
  4. Sikap depan publik
- Relationship building: kemampuan untuk membangun relasi antar orang-orang yang terlibat dalam bisnis, salah satu caranya adalah 'berbagi keuntungan'
- Leadership: a leader ia one who knows the way, goes the way, and shoes the way (John c Maxwell)
 1. Membangun tim ( rekrut karyawan, berikan tugas, tentukan target)
 2. Memimpin tim ( memotivasi, menginspirasi, mengarahkan, memahami)

Ada 5 tips menjadi pemimpin yang baik
- Sikap reseptif (menerima terbuka menghargai pendapat bawahan)
- Rendah hati
- Konsisten pada tindakan
- Aktif
- Memuji
- Time management: kemampuan untuk mengelola waktu produktif secara efektif
 ( buat daftar, lalu buat skala prioritas, lalu kerjakan, lalu evaluasi )





Comments