Cara mengurus surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba

Banyak yang bertanya bagaimana sih cara mengurus surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba?

Dear sahabat, kebetulan baru-baru ini saya ada mengurus surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba untuk kelengkapan berkas diklatsar. Saya coba share bagaimana cara mengurus surat keterangan tersebut.

Sebenarnya surat keterangan berbadan sehat ini dibuat untuk berbagai tujuan, biasanya dan yang paling sering adalah untuk kelengkapan berkas saat mendaftar disebuah instansi. Seperti yang sempat saya lakukan ketika mendaftar cpns dan pemberkasan.

Surat keterangan sehat pada dasarnya terbagi atas surat keterangan berbadan sehat (sehat jasmani) , sehat rohani (kejiwaan) dan keterangan bebas narkoba atau zat adiktif lainnya. Nah, pertama-tama sahabat harus tanya tahu terlebih dahulu apa saja keterangan yang diperlukan sehingga mengurangi biaya dan juga waktu pengurusan.

1. Keterangan berbadan sehat
    Diukur melalui pemeriksaan fisik mulai tensi, denyut jantung, berat badan, tinggi badan, mata melalui tes lihat gambar. Biasanya tes ini tidak memakan waktu lama jika lancar dan tidak antri setengah jam udah selesai.

2. Keterangan sehat rohani
    Diukur melalui pemeriksaan jiwa dengan cara menjawab soal uji kejiwaaan sebanyak 500 soal dan setelah dinyatakan lulus maka sahabat akan diwawancara tentang pribadi. Petugas akan meminta sahabat mengisi jawaban sesuai kata hati dan fikiran sendiri. Jika hasil nya belum lulus, nanti akan diulang kembali. Tes ini harus dikerjakan dalam waktu 1 jam saja. Tips jika ingin lulus, pilihlah jawaban yang menunjukkan jiwa empati, suka menolong, bijaksana, menerima secara dewasa. Oh iya, biaya surat ini cukup tinggi diantara tes lainnya dan waktu yang diperlukan pun agak lama, jadi untuk jaga-jaga jika tidak lulus siapkanlah waktu dua atau tiga hari untuk mengurus surat ini.

3. Keterangan bebas narkoba dan zat adiktif lainnya
    Diukur melalui pemeriksaan urine, dan semua dites dengan indikator tertentu, jadi sahabat hanya tinggal beri urine dan habis itu langsung nunggu 2 jam untuk hasilnya dengan catatan tidak antri ya. Mengenai biaya cukup tinggi untuk tes ini, jadi siapkan dana ya Sahabat.

Tips agar meminimalisir biaya
1. Pastikan surat yg diurus sesuai kebutuhan misal berbadan sehat saja, maka cukup itu saja.
2. Pilihlah rumah sakit daerah yang kelasnya (type) nya agak dibawah, semakin rendah status type nya maka akan semakin murah biaya pengurusan dirumah sakit tersebut. Sahabat silahkan browsing dan cari tahu type rumah sakit disekitar tempat tinggal kalian.
3. Tidak semua rumah sakit daerah menyediakan tes rohani maka untuk mengurus surat rohani bisa kerumah sakit yang berbeda
4. Tes narkoba itu ada yang 3 indikator ada yg 5 indikator, semakin banyak indikator yang di tes maka biaya nya semakin tinggi.
5. Pastikan surat tersebut ditandatangani oleh dokter pemerintah yang memiliki NIP ya sahabat, perhatikan stempel asli nya juga.
6. Agar tidak bolak-balik sebaiknya langsung legalisir masing-masing 10 lembar untuk keperluan kedepannya.
7. Surat keterangan ini punya masa expired khususnya narkoba (kurang lebih sebulan) jadi sahabat harus memastikan keperluan nya untuk tanggal berapa. Jangan sampai lewat ya sahabat.
8. Semua pengurusan menggunakan mekanisme bayar duluan ya sahabat so siapkan cash.
9. Mengenai nominal total biaya ketiganya mulai 300 ribuan sampai dengan 700 ribuan (tahun 2019), harga di tiap rumah sakit berbeda-beda, semakin luxe fasilitas nya biasanya semakin mahal ya sahabat...
Biasanya keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba diurus dibagian medical check up

Comments